Profil Program Studi

Profil

Perkembangan kecanggihan teknologi telah merubah secara signifikan hubungan antar manusia di seluruh dunia. Kecanggihan teknologi yang diproyeksikan pada teknologi komunikasi, informasi, dan transportasi telah memungkinkan manusia berhubungan tanpa batas.

Peningkatan intensitas komunikasi antar manusia selanjutnya akan menggeser peran negara dalam hubungan internasional. Peran negara akan tergantikan oleh aktor lain yang memiliki power besar untuk dapat mengendalikan aktor yang lain. Transaksi internasional bukan lagi oleh negara tetapi aktor non negara, seperti individu, perusahaan multinasional (MNC), lembaga swadaya masyarakat, dan Iain-lain.
Kini, dunia tak dapat lagi mengelak bahwa proses hubungan antar masyarakat, termasuk hubungan internasional didominasi oleh interaksi ekonomi (ekonomi politik internasional). Sebagaimana Karl Deutch : "Bagaimana begitu banyak bangsa yang berbeda dapat hidup bersama dalam suatu suasana campuran antara kebebasan dan sating ketergantungan, dalam suaiu dunia yang pengaturannya tidak sepenuhnya mereka sepakati tetapi tidak ada satupun yang bisa mengendalikannya sendiri. Suatu dunia yang merupakan tempat bergantung semua negara demi perdamaian, kebebasan, kebahagiaan dan kelangsungan hidup mereka sendirf'.

Arus transaksi warga negara menjadikan batas-batas wilayah di dunia menjadi kabur bahkan terasa sempit sebagai hasil dari globalisasi teknologi yang semakin meninggalkan paper print out (paperless). Kondisi ini berdampak bagi bangsa Indonesia untuk berperan aktif dalam ranah global, beradaptasi, dan mengadopsi nilai-nilai untuk mewujudkan kepentingan nasionalnya. Melihat dinamika kondisi internasional yang berpengaruh terhadap kondisi dalam negeri, maka diperlukan langkah-langkah pengkajian yang mendalam melalui penelitian dan pengajaran secara efektif terutama oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi merupakan salah satu elemen penting yang berperan dalam hubungan internasional. Tuntutan partisipasi aktifnya dibutuhkan untuk mempersiapkan individu-individu yang memiliki mind set global. Oleh karena itu, melalui SK MENDIKNAS Rl NO: 233/D/0/2008 di bawah Fakultas llmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Respati Yogyakarta, maka secara resmi Program Studi Hubungan Internasional dibuka.